Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen (BPAM) mengakui pentingnya Corporate Social & Responsibility (CSR) dalam menggabungkan transparansi, keadilan, akuntabilitas dan integritas sebagai inti prinsip-prinsip dasar dalam seluruh operasional kami. Pasar global yang berkembang pesat dan menempatkan kepercayaan yang lebih besar pada CSR dan prinsip-prinsip investasi yang bertanggung jawab. Kami bangga dalam komitmen kami untuk bekerja menuju standar global dan menunjukkan praktek investasi yang bertanggung jawab sebagai kunci untuk mempertahankan penciptaan nilai jangka panjang bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan di industri. BPAM adalah penandatangan (signatory) di United Nations Principles for Responsible Investment (UNPRI).


Prinsip-prinsip Investasi yang Bertanggung Jawab

Sebagai bagian dari komitmen kami untuk prinsip-prinsip investasi yang bertanggung jawab, BPAM memiliki Kebijakan Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (LSK). Kami percaya adanya keterkaitan antara faktor-faktor LSK dengan kinerja keuangan para perusahaan yang terdaftar di bursa (emiten), dan oleh karena itu kami mempertimbangkan kriteria LSK dalam seluruh pendekatan pengelolaan investasi kami.

Kami melakukan investasi terhadap emiten yang menunjukan kinerja yang konsisten dengan praktik kerja yang baik. Setidaknya, emiten ini harus memastikan kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang berlaku di Indonesia. Kepatuhan ini mencakup kegiatan-kegiatan emiten termasuk anak perusahaan dalam bidang lingkungan, sosial dan tata kelola. Kami tidak melakukan investasi terhadap emiten dan sektor-sektor yang terbukti menimbulkan dampak negatif dan/atau risiko lingkungan, sosial dan tata kelola. Oleh karena itu, kami menghargai keuntungan material yang dapat diperoleh dari proses penyaringan, pemantauan dan pelaporan terhadap investasi-investasi yang secara aktif dikelola oleh kami.

Integrasi LSK merupakan bidang yang sedang berkembang dan kami memahami akan adanya tantangan-tantangan dalam akses terhadap informasi, serta pengukuran kinerja LSK terutama dalam pasar yang baru berkembang. Fokus kami adalah mendefinisikan dan memahami risiko serta peluang LSK berupa konsekuensi materil yang tercakup dalam perusahaan, sektor dan waktu. Pertimbangan mengenai LSK kami jadikan sebuah faktor dalam mengambil keputusan investasi untuk memenuhi tujuan utama yaitu memastikan manfaat jangka panjang bagi nasabah dan pemegang saham kami


Tata Kelola

Komitmen kami dalam profesionalisme dan tata kelola perusahaan yang baik terbukti dengan diraihnya sertifikasi manajemen kualitas ISO 9001:2008 yang diberikan oleh SGS pada tahun 2007 di bidang Penjualan & Pemasaran, Kepatuhan & Manajemen Risiko, Operasional, Investasi dan Pengembangan Produk. SGS melakukan kajian komprehensif dari semua kebijakan dan prosedur kami yang dilaksanakan oleh seluruh unit operasi, dimana hasil yang memuaskan adalah wajib untuk kelanjutan sertifikasi ISO. Selain itu, kami menerapkan kebijakan kepatuhan dan manajemen risiko secara internal, prosedur operasi standar (SOP) dan personil manajemen risiko (unit kepala) yang melaporkan kepada Direksi. Untuk memastikan semua kebijakan dan SOP diimplementasikan dengan tepat, maka kami melakukan audit internal untuk semua unit secara tahunan.


Tanggung Jawab Produk

Dalam memberikan produk investasi yang berkualitas tinggi, variatif dan inovatif untuk para nasabah, kami didukung oleh komitmen pemegang saham dalam jangka panjang serta dukungan manajemen yang kuat untuk memastikan bahwa semua produk kami memenuhi kebutuhan dan keinginan investor, baik investor institusi maupun perorangan, serta senantiasa mematuhi peraturan yang berlaku. Kami juga menerapkan prinsip 'Know Your Customer' terhadap semua investor kami untuk memvalidasi dan mencatat data secara akurat dalam rangka mengurangi potensi resiko penyalahgunaan dana.

Sebagai bagian dari komitmen dan tanggung jawab kami dalam memberikan produk yang berkualitas tinggi, kami juga memberikan pelatihan dan pendidikan kepada nasabah dan mitra agen penjual kami secara menyeluruh mulai dari pengetahuan dasar investasi, reksa dana dan pasar modal sampai bahan materi yang lebih kompleks melingkupi pendekatan-pendekatan kami dalam membuat keputusan investasi (analisa makro, alokasi aset dan pemilihan efek). Kami percaya dalam proses investasi kami, kami menjunjung tinggi nilai dari sebuah produk dan percaya pengetahuan adalah kekuatan. Dengan menambah pengetahuan dan wawasan kepada nasabah dan mitra agen penjual kami, mereka akan lebih siap untuk membuat keputusan investasi. Sesi pelatihan ini dilaksanakan di Batavia Institute (BINS) yang berfungsi sebagai platform dan fasilitas pendidikan serta informasi bagi nasabah dan mitra agen penjual kami. Kami menyelenggarakan BINS secara bulanan atau atas permintaan nasabah atau mitra agen penjual, tanpa dikenakan biaya. Upaya kami dalam mempromosikan BINS serta partisipasi aktif dari tim marketing dan tim investasi termasuk CIO dan portfolio manager kami sebagai pembicara dalam BINS telah mendapatkan apresiasi dan respon yang memuaskan.


Tanggung Jawab Tenaga Kerja

Kami berkomitmen untuk merekrut dan mempertahankan individu-individu berbakat dan bermotivasi yang memprioritaskan nasabah dan menempatkan kepentingan mereka di jantung bisnis kami. Filosofi dan proses investasi kami dapat dilihat pada tim yang berkualitas tinggi dan individu berbakat yang didedikasikan untuk memberikan layanan yang konsisten kepada nasabah kami. Bagian dari program pengembangan dan manajemen karir kami meliputi program magang dan lulusan sarjana, program kepemimpinan senior, penilaian kinerja tahunan dan pelatihan pengembangan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan individu. Ini adalah prioritas utama kami dalam membangun budaya kerja yang kuat dan mendorong pertumbuhan organik.

Kami berusaha untuk memastikan bahwa tenaga kerja dan individu-individu berbakat mencerminkan keragaman dari banyak etnis di Indonesia dan kami melihat keberagaman sebagai aset bisnis yang berharga. Kami berusaha untuk menciptakan lingkungan kerja di mana semua orang diperlakukan sama.

Kami berkomitmen penuh untuk kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan karyawan. Kami menyediakan setiap karyawan dengan lingkungan dan tempat kerja yang aman dan sehat, melakukan penilaian risiko pada premis, memberikan pelatihan keselamatan, memonitor dan merekam semua insiden dan potensi risiko. Kami memberikan setiap karyawan dengan cakupan asuransi kesehatan yang komprehensif, kontribusi dalam dana pensiun (BPJS Ketenagakerjaan) dan kontribusi keuangan insidentil untuk pernikahan karyawan atau kematian dalam keluarga. Kami juga sangat percaya dalam menjaga kerja dan keseimbangan kehidupan bagi seluruh karyawan dan tidak mendorong bekerja pada hari libur atau lembur.

Akhirnya dalam membina hubungan dan membangun tim, kami juga melakukan outing perusahaan tahunan (luar negeri dan/atau perjalanan domestik) dan acara perusahaan (amazing race, kegiatan outbound, pesta kostum, dll.) untuk membawa karyawan lebih dekat dalam lingkungan yang santai dan menyenangkan di luar kantor.


Tanggung Jawab Kemasyarakatan

Kami bercita-cita untuk mencapai keseimbangan dan harmonis co-eksistensi dengan lingkungan dan masyarakat setempat. Hal ini dicontohkan dalam komitmen kami untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat yang kurang mampu melalui bantuan keuangan dan non-keuangan. Salah satu dari proyek masyarakat kami termasuk kontribusi keuangan tahunan kepada Yayasan Batavia Prosperindo Peduli (BP Peduli), sebuah yayasan yang didirikan pada tahun 2014 oleh Perusahaan Induk kami, PT Batavia Prosperindo Internasional Tbk, yang didedikasikan untuk pengembangan sekolah misi untuk anak-anak yang kurang mampu di Batam, Indonesia. Melalui BP Peduli, sekolah misi terus memperluas memberikan pendidikan TK dan SD untuk lebih dari 300 anak-anak, tambahan pembangunan ruang kelas dan survei lokasi baru untuk pembangunan masa depan.

Selain itu, kami telah menyumbangkan bantuan keuangan tahun 2012 untuk program pelayanan kesehatan nasional yang dikenal sebagai Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), sebuah program pemerintah yang didedikasikan untuk menyediakan orang tua, wanita hamil, ibu dan bayi di bawah usia 3 tahun dengan kebutuhan obat dan imunisasi, makanan dan dukungan pendidikan untuk merawat orang tua, di saat kehamilan dan perawatan bayi. Sebagai bagian dari inisiatif pelayanan masyarakat kami tidak hanya memberikan sumbangan berupa uang, namun kami juga meluangkan waktu untuk mengunjungi beberapa pos Posyandu di mana staf kami mendistribusikan makan siang dan berinteraksi dengan beberapa anak-anak, orang tua dan ibu-ibu dalam suasana yang akrab.

 

 

  

 

http://2xjmlj8428u1a2k5o34l1m71.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/PRI-Sig-Web-V1.png